;

Selasa, 26 April 2011

10 Ide Transformasi Hidangan Berbahan Sayuran

Selasa, 26 April 2011


Sayuran bukan sekadar pendamping makanan utama Anda. Sayur juga bisa disajikan sebagai hidangan utama asalkan tahu cara mentransformasinya.!

1 Jamur kancing

 Jadikan jamur kancing sebagai burger. Caranya, buat bumbu marinating untuk jamur kancing dengan menggunakan bahan 1 1/2 sdm cuka, 1 sdt minyak zaitun, satu siung bawang putih, garam dan merica.

Panggang jamur dengan suhu sedang sekitar 5 menit untuk setiap sisinya. Sajikan dengan roti jika Anda suka.

2. Butternut squash 

Butternut squash, sejenis labu, bisa menjadi hidangan utama dicampur dengan salada. Siapkan mangkuk, campurkan 1/4 cangkir butternut squash dengan 1/2 sdm gula merah, 1/2 sdm minyak zaitun. Tambahkan sayuran hijau seperti salada di atasnya, tambahkan 1/2 sdm biji bunga matahari dan 1 sdt madu.

3. Pizza asparagus, tomat, paprika

Siapkan roti perancis, tambahkan saus pizza dengan campuran asparagus, tomat, bawang putih dan paprika merah. Taburkan keju sedikit di atasnya. Lalu panggang dengan suhu 200 derajat Celcius hingga keju berwarna kecoklatan dan sayuran lebih lembut, sekitar 8-10 menit.



4. Kebab sayur

Kebab identik dengan daging, kali ini ganti dengan tomat chery, jamur kancing, bawang merah, paprika merah tambahkan dressing Italia. Tempatkan semua bahan ini pada tusuk sate lalu panggang dengan suhu sedang, hingga sayuran layu sekitar 5-8 menit.



5. Asparagus dengan almond

Siapkan wajan, masukkan 0,1 kg asparagus dan 1/4 cangkir air. Panaskan hingga asparagus lebih lembut, sekitar 4-6 menit. Keringkan air dan campurkan 1 sdm perasan jeruk lemon dan 1 sdt minyak zaitun sambil diaduk. Sajikan 1/2 cangkir nasi dengan potongan almond di atasnya.



6. Sayuran ala Italia dengan pasta

Siapkan wajan, masukkan bawang yang sudah dicincang, paprika merah,summer squash kuning dan zucchini squash (sejenis labu), 1 sdm minyak zaitun, 2 siung bawang putih, 1 sdm seasoning Italia. Tumis sayuran hingga layu, sekitar 5 menit. Sajikan dengan pasta beserta sausnya.



7. Kentang madu

Kupas dan cincang 4 buah kentang berukuran besar. Aduk bersama 1/4 cangkir air, 2 sdm gula merah, 2 sdm madu dan 1 sdm minyak zaitun. Siapkan kertas panggang. Tutup dengan foil dan panggang selama 45 menit dengan suhu 190 derajat Celcius. Angkat foil dan panggang kembali selama 15 menit hingga kentang lembut.



8. Salad jagung 

Siapkan mangkuk, masukkan 1 potong mentimum, 2 cangkir beras Belanda, 2 cangkir jagung yang sudah dimasak, 3/4 cangkir paprika merah. Aduk semua bahan tadi dengan dressing yang terbuat dari 3 sdm cuka putih, 1 sdm air, 1 1/2 sdt minyak, 1/2 sdt kemangi kering, 1/4 sdt garam, 1/8 sdt merica. Lakukan marinating selama 2 jam sebelum penyajian.



9. Sup sayur segar

Dalam panci besar, masukkan 1 sdm minyak zaitun dan sayuran yang sudah dicincang seperti bawang, wortel, dan daun seledri. Tumis semua bahan hingga lembut sekitar 3-4 menit. Tambahkan 4 cangkir kaldu ayam atau sayuran, 3 cangkir air, potongan kentang, bumbui dengan garam, merica, seledri. Biarkan mendidih dan masak hingga kentang lembut sekitar 15 menit.



10. Sayur roti pita

Isi mangkuk berukuran kecil dengan kembang kol, brokoli, bawang, tomat, mentimun dan 1 1/2 sdt susu rendah lemak. Potong setengah roti pita atausejenis roti tak beragi makanan orang Yunani atau Asia tengah. Isi setengah potongan roti dengan campuran sayur tadi ditambahkan 1 sdm keju. Hangatkan dalam microwave selama 40 detik.

female.kompas.com 








...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 23.20
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar