;

Jumat, 08 April 2011

4 Masalah Perut dan Cara Mengatasinya

Jumat, 08 April 2011

Perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang paling sering mengeluh merasa tidak nyaman di perut ternyata adalah perempuan. Sebabnya, kondisi perut perempuan memang lebih sensitif dibandingkan laki-laki. Bahkan menurut para ahli, hal ini ada kaitannya dengan fluktuasi hormon yang terjadi setiap bulannya. Tapi tak perlu cemas, karena pada dasarnya keluhan di perut tergolong mudah diatasi.

Bahkan Ron Palmon, MD., ahli gastroenterologi dari Mount Sinai Medical Center di New York, membantu kita mengatasi berbagai gangguan perut dengan solusi alami sebagai berikut:


DIARE


Cegah dengan : Kurangi gula. Terutama pemanis buatan seperti sorbitol yang punya efek laktasif (pencahar) pada sebagian orang, terutama dalam dosis besar.

Solusi Alami : Minum 1-2 cangkir teh hitam tanpa gula. Riset menunjukkan kandungan tanin dan flavonoid pada teh hitam dapat meredam aktivitas usus yang terlalu aktif, serta melawan mikroba penyebab diare. "Agar tidak dehidrasi, hindari mengonsumsi minuman manis dan soft drin," ucap Ashley Koff, penulis bukku Recipes for IBS.

Sebaiknya, minum air putih yang cukup, air kelapa (sumber elektrolit yang baik), atau teh herbal.

KEMBUNG


Cegah dengan : Batasi konsumsi makanan yang sulit dicerna. Misalnya, produk olahan susu, makanan yang ditambahi pemanis buatan, soft drinks, serta sayuran jenis brokoli, bawang bombay, serta kubis. Semua sayuran itu mengandung pemanis alami oligosaccharide yang sulit dicerna.

Solusi Alami : Minum secangkir teh hijau atau jus cranberry. Keduanya dipercaya sebagai pilihan paling aman untuk mengatasi perut kembung. Ditambah juga dengan rajin berolahraga. Studi yang diterbitkan di American Journal of Gastroenterology menunjukkan, pasien gangguan saluran cerna, seperti IBS (Irritable Bowel Syndrome), bisa menurunkan gejala perut kembunng hanya dengan rajin mengayuh sepeda.

MUAL


Cegah dengan : Hindari mengonsumsi makanan yang baru selesai dimasak. Tunggu selama beberapa menit sampai aroma masakan sedikit berkurang. Makanan yang masih hangat biasanya mengeluarkan aroma yang sangat kuat. Ini bisa merangsang perut jadi mual.

Solusi Alami : Hisap aroma air rebusan jahe atau mint. Atau, masakan yang beraroma asam. "Penelitian membuktikan, jahe dan mint efektif dalam mengatasi rasa mual yang sering dialami ibu hamil atau pasien kemoterapi," tambah Gerard E.Mullin, MD., dari Johns Hopkins University School of Medicine.

MAAG



Mengatasi Sakit Maag Dengan Alpukat

Pernah merasakan perut berbunyi seperti gendang? Kalau sedang berada di rapat yang serius, biasanya suara itu akan terdengar nyaring. Lapar? Bisa saja, tapi coba tabuh pelan. Kalau suaranya nyaring, Anda sedang terkena kembung tuh..

Apa sih kembung itu? kembung adalah terperangkapnya gas/udara dalam jumlah yang berlebihan didalam saluran pencernaan. Gas/udara yang terperangkap tersebut terbentuk gelembung-gelembung kecil, jumlahnmya banyak dan sulit dikeluarkan. Gelembung-gelembung gas/udara terdapat disepanjang saluran pencernaan dan terutama banyak terdapat di lambung.

Bedanya sama sakit maag, kembung biasa sangat berbeda dengan sakit maag. Sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebihan yang dapat mengakibatkan iritasi dan atau luka dilambung, karena itu sakit maag disertai rasa perih/pedih. Sedangkan kembung biasa disebabkan oleh banyaknya Gas/udara yang terperangkap dalam saluran pencernaan di dalam perut.

Gejala perut kembung biasa mirip dengan gejala sakit maag sehingga banyak penderita yang mengira menderita sakit maag padahal sebenarnya Cuma gejala kembung biasa, dan kembung biasa asam lambungnya tidak berlebihan sehingga pada perut kembung biasa tidak disertai rasa perih/pedih.

Kalau sudah terkena kembaung atau maag, sebenarnya gampang saja. Pesen saja jus alpokat. Karena buah berserat itu ternyata punya khasiat yang “luarbiasa” untuk maag. Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

Berbagai manfaat bisa didapat dari alpukat, baik buah maupun daunnya. Para peneliti dari Shizuoka University, Jepang. Misalnya, menemukan manfaat buah alpukat dalam mengurangi kerusakan hati, termasuk juga kerusakan akibat virus hepatitis.

Alpukat dapat dimakan oleh siapa saja dan berapa saja karena kadar asam lemak jenuh pada buah alpukat tergolong rendah. Alpukat tergolong buah yang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Buah alpukat mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E dan Vitamin D. Kandungan terbanyak adalah vitamin A.

Malah, beberapa media sempat mengupas kegunaan alpokat sebagai obat maag. Dari beberapa literature, cara membuat obat herbal dari biji alpukat adalah sebagai berikut.: 1. Cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang; 2. Parut biji alpukat; 3. Campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi; 4. Saring;

Ada aturan pakai sari biji alpukat hasil saringan itu:
  1. Sakit maag tidak parah, minum sari biji alpukat 1 kali sehari; 
  2. Sakit maag parah, minum sari biji alpukat 2 kali sehari, pagi dan sore, sampai sembuh. Nah, Anda tidak pernah menyangka bukan?


...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 03.40
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar