;

Jumat, 08 April 2011

Cara Melakukan Bekam Basah dan kering

Jumat, 08 April 2011

Pelatihan Bekam – Berikut macam-macam bekam dan cara pengobatnnya..

Bekam Basah (Wet Cupping)

Yaitu metode pengeluaran darah kotor (blood letting) dgn cara disayat dgn silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril pada bagian yg dibekam.







Cara Melakukan Bekam Basah :

· Pilih titik bekam berdasarkan kondisi pasien.
· Pilih gelas bekam (cup) berdasarkan tingkat penyakit pasien dan postur tubuh. Semakin besar gelas yg digunakan maka tingkat rasa sakit akan semakin besar, namun efeknya akan semakin baik.
· Bersihkan bagian kulit yg akan dibekam dgn desinfektans/alkohol.
· Pompa gelas bekam dgn piston pada posisi yg dikehendaki sebanyak 2-3 kali tarikan, atau sampai piston tidak dapat ditarik lagi.
· Biarkan selama 3-5 menit.
· Lepas gelas bekam dan sayat bagian bekas bekam dgn silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril.
· Bekam lagi posisi yg disayat tadi.
· Tunggu selama lebih kurang 3 menit sampai darah keluar dan menumpuk pada gelas bekam.
· Lepas gelas bekam dan buang darah kotor yg keluar, bersihkan kembali gelas bekam dan desinfeksi.
· Bekam lagi sebanyak 3-5 kali, atau sampai keluar cairan putih dari kulit.
· Oles bekas sayatan dan bekam dgn minyak habbatus sauda’ (jinten hitam).
· Lakukan setiap bulan atau setiap 2 minggu bagi yg penyakitnya parah.

Bekam Kering (Dry Cupping)
Yaitu metode bekam yg tidak mengeluarkan darah dari tubuh.

Cara Melakukan Bekam Kering :
· Pilih titik bekam berdasarkan kondisi pasien.
· Pilih gelas bekam (cup) berdasarkan tingkat penyakit pasien dan postur tubuh. Semakin besar gelas yg digunakan maka tingkat rasa sakit akan semakin besar, namun efeknya akan semakin baik.
· Pijat bagian yg akan dibekam dgn dilumuri minyak zaitun atau minyak jinten hitam selama lebih kurang 5 menit.
· Pompa gelas bekam dgn piston pada posisi yg dikehendaki sebanyak 2-3 kali tarikan, atau sampai piston tidak dapat ditarik lagi.
· Biarkan selama 10 menit (bagi pria), 7 menit (bagi wanita) atau 3 menit (bagi anak-anak).
· Lepas gelas bekam dan pijat kembali dgn minyak zaitun atau minyak jinten hitam selama 2-3 menit untuk menghilangkan bercak-bercak hitam atau blister.
· Lakukan selama 7 hari bagi orang dewasa dan 5 hari bagi anak-anak, kemudian diselingi masa interval selama 3 hari, lalu dilanjutkan lagi pembekaman.

Bekam tidak hanya berfungsi menyembuhkan, namun juga memiliki manfaat dalam hal pencegahan dari munculnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang manusia dikemudian hari.

Bekam berfungsi untuk melancarkan system peredaran darah. Dalam hal penyembuhan, Rasulullah SAW mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan berbekam diantaranya :
1.masuk angin,
2.darah tinggi,
3.kolesterol tinggi,
4.stroke,
5.jantung,
6.asam urat,
7.rematik,
8.migrein,
9.vertigo,
10.sakit gigi,
11.mata,
12.asma,
13.biduran,
14.radang ginjal,
15.nyeri tulang belakang,
16.nyeri lambung,
17.wasir,
18.mandul,
19.liver,
20.epilepsy, dll.

Titik bekam pada umumnya adalah untuk meringankan gangguan pada organ dan syaraf bila di-bekam pada tempat gangguan, terutama karena gangguan kelebihan darah atau darah kotor atau kedua-duanya.

Titik-titik bekam yang disukai Rasulullah SAW, yaitu :
Bekam atas dua urat leher
:· Mencegah sakit kepala.· Mencegah sakit di wajah.· Mencegah sakit gigi.· Mencegah sakit telinga.· Mencegah sakit hidung.· Mencegah sakit kerongkongan.

Bekam pada tengkuk / kuduk
:· Mencegah tekanan darah pada tengkuk.· Mengatasi rabun.· Mengatasi benjolan di mata.· Mengatasi rasa berat pada alis dan kelopak mata.· Mengatasi penyakit mata lainnya.· Mengobati lepra.· Mengobati berbagai macam penyakit.

Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim bahwa : "Rasulullah SAW pernah menggunakan hijamah (bekam) atas tiga bagian tubuh, bagian atas tulang belakang dan atas dua urat leher."
Bekam pada pelipis :· Mengobati sakit kepala.· Mengobati sakit di wajah.· Mengobati sakit telinga.· Mengobati sakit hidung.· Mengobati sakit kerongkongan.Bekam pada pundak :· Mengobati penyakit di pundak.· Mengobati sakit di leher.

Diriwayatkan dalam Shohih Bukhori dan Muslim dari Ibnu Abbas r.a., bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam sebanyak 3 kali pada 2 pelipis dan pundaknya.Bekam di atas pinggul :· Menghilangkan pegal-pegal.· Menghilangkan kelelahan.

Dalam Sunan Abu Dawud disebutkan dari hadist Jabir bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam di bagian atas pinggulnya karena sakit pegal-pegal yang dideritanya.Bagian lain tubuh boleh di-bekam sesuai tempat sakitnya selama bukan area yang dilarang di-bekam.Haruskah sebulan sekali kita di-bekam ?Jika kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang diakibatkan darah kotor atau sebagai usaha dan tindakan penjagaan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit, maka sangat baik bekam dilakukan sebulan sekali.

Sementara jika tubuh rasa tidak enak, jangan menunda untuk segera melakukan berbekam.
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan rutin melakukan terapi bekam , kita bisa memetik manfaat bekam dalam kerangka menjaga kesehatan. Yang demikian itu mengikut cara rasul dalam menjaga kesehatan.


Sumber: Berbagai sumber



...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 00.31
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar