;

Kamis, 07 April 2011

Cihampelas One Stop Entertainment

Kamis, 07 April 2011


Popularitas Bandung sebagai tujuan wisata takkan lepas dari Cihampelas. Ya, jalan di kawasan Bandung Utara ini terkenal dengan wisata belanja celana jeans sejak ‘80- an. Seiring perkembangan zaman, wajah Cihampelas berubah menjadi kawasan multi-entertainment.

Tempat ini tidak hanya semarak dengan toko celana jeans dan factory outlet (FO), tetapi juga kian ramai dengan hadirnya Cihampelas Walk (Ciwalk), sebuah mal dengan konsep udara terbuka. Disebut demikian karena Ciwalk ingin tampil dengan ciri khas Bandung sebagai Kota Kembang yang sejuk dan asri.


Tak heran jika pelataran mal ini tampak teduh dikelilingi pohon dan tanaman. Ciwalk pun disebut-sebut sebagai mal berkonsep one stop entertainment.

Pasalnya, selain terdapat aneka gerai busana dan resto, ada bioskop, galeri lukis, klub, biliar, dan karaoke. Sejak resmi dibuka pada 11 Juni 2004, Ciwalk menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Dengan luas area 3,5 hektare, Ciwalk setiap hari menjadi titik pusat keramaian Jalan Cihampelas. Apalagi hampir setiap akhir pekan, Ciwalk menggelar acara pentas musik.

Dengan gaya arsitektur modern minimalis, Ciwalk menjadi ikon kawasan Cihampelas dewasa ini. Meski begitu, Ciwalk bukan satu-satunya daya tarik wisatawan untuk jalan-jalan di Cihampelas. Ada juga Cihampelas Point.

Tempat ini merupakan pusat FO yang dikemas cukup menghibur. Pengunjung yang berbelanja di sini bisa menyaksikan binatang-binatang langka. Di sini pula terdapat kafe bergaya jadul alias heritage concept.

Tempat hiburan lainnya terdapat di Premiere Plaza. Di sinilah tempat bernaung diskotek legendaris clubbers Bandung. Namanya Studio East. Letaknya berdampingan dengan Aston Tropicana Hotel. Tak jauh dari situ, ada rumah makan khas Sunda.

Namanya Sapu Lidi. “Kalau jalan-jalan ke Cihampelas, biasanya saya cari resto makanan Sunda. Nggak di Sapu Lidi, ya di Ampera. Kan sayang kalau jalan-jalan ke Bandung nggak cobain karedok dan sayur asem,” kata Herlina Widjaya, wisatawan asal Sunter, Jakarta Utara. Di sepanjang Jalan Cihampelas memang banyak resto dan tempat jajanan.

Akan tetapi, tentu saja di kawasan ini toko-toko jeans dan busana masih mendominasi sekaligus menjadi tempat tradisi belanja jeans para pelancong yang kebetulan mampir ke Bandung. Uniknya, beberapa toko dan jeans di Cihampelas ini didesain secara kreatif.

Contohnya, ada beberapa toko yang menyematkan ikon superhero dunia, di antaranya Superman, Spiderman, Ultraman, dan Rambo. Tokoh-tokoh ini begitu terlihat mencolok menghiasi Cihampelas.

Ada juga toko jeans yang dibuat seperti perahu, namanya Perahu Jeans. “Dulu, tahun ‘90-an, saya sering belanja celana jeans di Cihampelas karena modelnya bagus dan harganya murah. Dulu, dengan 100 ribu saja saya bisa dapat tiga potong celana. Sekarang harganya jadi lebih mahal. Tapi tetap saja saya suka jalanjalan ke sini.

Asyik saja kalau lihat-lihat gambar dan patung superhero, terutama Spiderman,” kenang Witoyo, pelancong asal Cirebon.



...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 19.10
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar