;

Kamis, 21 April 2011

Kakaban Dive The Lake (Danau Tertua diDunia)Keren banget

Kamis, 21 April 2011

Pulau Kakaban terletak sekitar 20 menit dari Sangalaki dan menawarkan 2 menyelam pengalaman yang berbeda sangat. Selain beberapa menyelam dinding spektakuler, dimana pelagics dapat ditemukan, Kakaban juga dilengkapi dengan danau laut yang terkurung daratan besar-besaran mendukung 4 spesies yang berbeda ubur-ubur yang tidak menyengat dan beberapa kehidupan laut tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Ini termasuk terbalik hiasan Cassiopeia, Mastigias Papua, Aurelia aurita dan Tripedalia Cystophora. ubur-ubur ini cukup khusus; tidak seperti rekan-rekan mereka laut hidup, mereka telah tinggal di danau, terlindung dari predator alami mereka seperti kura-kura dan barakuda. Melalui waktu itu, mereka telah kehilangan kemampuan mereka untuk menyengat hanya karena mereka tidak memiliki kebutuhan untuk mereka.


Pulau Kakaban adalah bagian dari Kepulauan Derawan , Kalimantan Timur , Indonesia .


Pulau ini memiliki luas wilayah 774,2 hektar (1.913 hektar) dan cukup curam dengan tebing kapur ditutupi dengan lebat hutan sampai ke tepi air dan beberapa pantai. Dinding turun sampai 180 meter (590 kaki) dan arus dapat menjadi kuat dengan upwelling, downcurrent dan membalikkan arah.


Fitur yang paling khas adalah danau air payau besar di tengah-tengah pulau, dalam dialek lokal Kakaban artinya "memeluk" sebagai pulau pelukan danau dari air laut sekitarnya.
Kedalaman: 5 - 65

Yaitu: 5 - 25m

Arus: Variabel

Cara ke sana: Perahu 2 jam.

Terbaik bulan: April-Desember

Pulau ini merupakan atol karang yang telah terangkat oleh pasukan geologi, mengubah laguna menjadi danau yang terkurung daratan.

Danau 5 kilometer persegi, dikelilingi oleh bubungan 50 meter, menempati sebagian besar interior pulau ini tidak berpenghuni, yang telah dinyatakan sebagai cagar alam pemerintah. garis pantai ini dibatasi dengan jalinan hutan bakau. akar kokoh mereka karpet dengan spons, rumput laut dan tunicates.


Visibilitas sekitar 10-12 meter dan pada titik terdalam danau ini 18 meter dengan amplitudo pasang surut sekitar 0.2m, ini adalah hasil dari jaringan rekahan bawah tanah yang terhubung ke laut. makhluk Laut ditemukan di sini termasuk cacing pipih biru cerah pada akar mangrove bersama-sama dengan moluska kecil dan bivalvia kolonial. File pemalu ular, ikan non-makan ular berbisa, lebih menyukai habitat yang lebih gelap di bawah akar, di mana ia menunggu untuk ikan sekolah kardinal dan ikan gobi. Sebuah ganggang laut hijau mendominasi lakebed dan memberikan pijakan untuk ubur-ubur rakus makan mentimun laut. Ini benar-benar adalah surga biologis.

Situs Dive
Sekitar tepi luar pulau batu kapur tebing curam drop ke tepi air yang kemudian merosot menjadi sekitar 200 meter di tempat. Ini medan bawah air untuk membuat beberapa menyelam dinding drift besar. Barracuda Point menawarkan menyelam hanyut menggembirakan seperti berikut bagian atas dinding tipis sekitar titik tersebut. Kedua dinding tidak tepat bertemu di sudut, mereka lancip pergi ke kedalaman. Sebagai sudut mengundang, konsentrasi kehidupan laut pelagis mengintensifkan. sekolah yang berputar barakuda chevron dan mata besar selar mengisi laut, dengan penampakan tuna dan hiu juga umum.

gua Lampu Biru adalah bagi penyelam berpengalaman sejak keluar cukup dalam. gua dimulai pada lubang diakses pada saat air surut di bagian atas dinding di 2 meter dan turun melalui cerobong sempit. Pada sekitar 21 meter cerobong terbuka ke dalam gua besar dengan bagian bawah di 30 meter. Berenang di sepanjang langit-langit gua sekitar 120m juga mungkin dan saat mendekati pintu keluar gua, lampu biru laut bisa dilihat. keluar adalah celah vertikal panjang di dinding dan sekitar 2 meter yang terletak di 44 meter, ada juga yang lain keluar di 64 meter. Penyelaman selesai di dinding.



Pulau Kakaban merupakan lingkungan laut yang luar biasa. Sebuah mengangkat di daerah ini selama pelanggaran Holosen, 19.000 thn SM telah meninggalkan 5 kilometer persegi air laut terperangkap ft dalam ridge ft 165, mengubah daerah tersebut menjadi sebuah danau kunci tanah laut. Danau hanya dikenal alam lainnya hanya ditemukan di Palau, Mikronesia, adalah padang pasir dibandingkan dengan Kakaban, beberapa spesies stanfest dan hehaviors khas yang diamati dalam danau. Melalui milenium, mereka telah diadaptasi menjadi sebuah ekosistem yang totaly unik untuk lingkungan air payau.


Danau yang dipenuhi dengan setidaknya 4 jenis ikan jelly stingless termasuk salah satu spesies positif dari Cassiopea. Sekitar 3 spesies alga hijau Halimeda menutupi bagian bawah, dan akar mangrove hidup berdampingan dengan tunicates, spons, cacing tabung, kerang, crustacea, anemonies, teripang, ular laut dan setidaknya lima spesies yang dikenal dari ikan gobi. spesies yang tidak teridentifikasi dalam kelimpahan.

Misteri tentang bagaimana tumbuhan danau dan hewan mampu bertahan hidup dalam sistem terisolasi adalah subjek yang ilmuwan ahli geologi laut dan bertengkar tentang.



Ribuan barakuda, tuna bersirip biru dan hiu besar juga ditemukan di titik Barracuda's Kakaban
Beberapa spesies aneh dan behavios khas yang diamati dalam danau. Melalui milenium, mereka telah diadaptasi menjadi sebuah ekosistem yang sangat unik untuk lingkungan air payau.


By:Maudy.Kakaban island











...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 01.09
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar