;

Rabu, 20 April 2011

Kepiting Raksasa Terbesar di Dunia yang Masih Tersisa

Rabu, 20 April 2011

Kepiting ini super, dengan berat sekitar 45 pounds (sekitar 21 kilogram), lebar penampang kaki sekitar 4 meter. Kepiting ini dikenal berjuluk “Japanese Spider Crab” punya nama latin ‘cheira kaempferi’ spesies arthropoda terbesar di dunia yang pernah ada. Para ilmuan yakin ia dapat bertahan hidup hingga 100 tahun lamanya atau bahkan lebih.

“Kepiting jangkung raksasa” ini hidup di kedalaman laut di sekitar barat laut samudera pasifik di sekitar perairan Jepang. Kepiting ini kebanyakan tertangkap oleh jaring nelayan dengan rata-rata kedalaman antara 150 s/d 1000 kaki (46 s/d 305 meter) di kedalaman laut. Bahkan yang paling besar di temukan di kedalaman 3000 kaki.

Dikabarkan bahwa kepiting raksasa ini merupakan makhluk yang damai dan tidak agresif serta dapat hidup dengan baik pada lingkungan akuarium. Mereka lebih menyukai suasana atau habitat yang tenang dengan landscape yang berlumpur dan lembab di kedalaman laut. Kepiting ini menggunakan ‘moncongnya’ untuk memeriksa daerah sekitar habitat hidup mereka untuk mencari binatang yang sudah mati atau kerang-kerangan sebagai makanan mereka.

Dengan panjang penampang kaki sekitar 4 meter, kepiting super ini merupakan ‘raja’ yang tidak dapat ditaklukkan di antara jenis-jenis binatang sejenisnya di habitatnya. Kepiting-kepiting raksasan ini persis sama dengan yang di Cari Nelayan di Program acara di DISCOVERY CHANNEL berjudul DEADLY CATCH.

Di Jepang, ada restoran yang menyajikan kepiting jenis ini. Namanya Kani Doraku, di daerah Dotonbori. Paling murah harga dari kepiting ini untuk bisa dinikmati harus keluar uang 100 ribu/ons.Gimana ya kalau beratnya sampai berkilo-kilo satu ekor saja, bisa bolong nih kantong? (yc/kaskus)



...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 04.55
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar