;

Minggu, 10 April 2011

Negara Pelanggar HAM Terburuk Dunia

Minggu, 10 April 2011

Burma terdaftar sebagai negara terburuk di antara yang terburuk dalam daftar negara pelanggar HAM di dunia.

Ini berdasarkan sensus yang dilakukan terhadap 194 negara oleh sebuah organisasi yang dinamakan Freedom House.

Negara dibagi menjadi 3 bagian yaitu Bebas, Sebagian Bebas dan Tidak Bebas. Ada sebanyak 47 negara yang dikategorikan sebagai tidak bebas dan ia termasuk negara Saudi Arabia.


Dalam skala 1 sampai 7 yang diberikan di mana 1 menunjukkan paling bersih dan 7 sebagai paling buruk dalam dua bidang kebebasan penting yaitu Kebebasan Politik dan Kebebasan Sipil (publik), negara kita Malaysia mendapat skala 4 pada kedua kategori kebebasan dan Malaysia terdaftar sebagai Sebagian bebas.

Saya agak tertarik ke kategori Bebas yang diberikan terhadap negara Indonesia dan mereka mendapat skala 2 untuk kebebasan politik dan skala 3 untuk kebebasan publik.

Bagi Singapura dan Thailand pula mereka terdaftar sebagai negara Sebagian Bebas seperti Malaysia dan mendapat skala yang lebih buruk dari kita yaitu skala 5 untuk kebebasan politik dan 4 untuk kebebasan publik.

Negara Eropa seperti Swedia, Swiss, Norwegia, Spanyol, Portugal, Belanda, Perancis dll mendahului daftar negara paling bebas yang mendapat skala 1 pada kedua kategori kebebasan termasuk juga Amerika.

Pertanyaan yang mungkin kita perlu bertanya apakah perlu kita mengambil definisi kebebasan mereka sebagai dasar kita membangun dan memperjuangkan hak-hak kebebasan di negara kita. Bagi mereka yang berorientasi kemajuan tentu akan setuju karena ada hubungan yang erat antara kebebasan politik dan juga kebebasan publik dengan kemajuan suatu negara.

Informasi rinci bisa di baca di sini.




...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 21.50
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar