;

Jumat, 08 April 2011

Tips : 10 Cara Memilih Makanan Sehat dan Bergizi

Jumat, 08 April 2011

Terdapat sebuah krisis energi di Amerika -- dan saya bukan berbicara mengenai sumber daya alam. Kita semua ingin merasa terjaga, cukup beristirahat, dan berenergi, tetapi kebanyakan dari kita hanya bisa memimpikannya dan tidak bisa mewujudkannya. Orang sibuk dan produktif akan mengalami suatu jadwal padat dan gaya hidup yang begitu menekan (terkadang dikombinasikan dengan tidur sedikit dan pola makan yang tidak baik), sehingga tidak mengherankan banyak dari kita merasa energinya seperti terkuras.

Kelelahan bisa menurunkan fisik, emosi dan menimbulkan kerusakan pada sistem kekebalan, sehingga membuat kita lebih mudah terkena sakit, depresi, dan bahkan kondisi kronis seperti penyakit jantung. Tetapi kita mempunyai kekuatan untuk merubah kebiasaan kita, mendongkrak energi kita, dan merasa luar biasa.

Menu Makanan Sehat

Kita semua tahu bahwa olah raga teratur, manajemen stres, dan tidur sedikitnya 8 jam itu penting untuk memerangi kelelahan. Tetapi penting juga bagi kita untuk merubah kebiasaan makan kita yang bisa mempengaruhi tingkatan energi. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk memberi nutrisi pada tubuh kita agar kita merasa lebih ber-energi sepanjang hari.

Berikut Menu Makanan Sehat

1. Makan makanan yang ber-nutrisi tinggi
Metabolisme energi yang optimal (proses merubah makanan menjadi energi) memerlukan vitamin dan mineral yang banyak. Setiap sel dalam tubuh kita dapat membuka energi potensial jika diberi bahan bakar yang benar dari makanan. Jika kita tidak mendapat nutrisi yang cukup dari makanan, maka metabolisme energi seluler kita berkurang, sehingga kita akan merasa lelah dan melempem.

Cara terbaik untuk memeranginya adalah dengan memilih makanan yang mempunyai banyak nutrisi per kalori. Contohnya adalah sayuran, polong, kacang, biji, buah, padi-padian, dan protein hewani. Roti olahan, makanan gorengan dan berlemak, kue manis dan makanan ringan olahan memberikan banyak kalori tetapi hanya mengandung sedikit nutrisi. Jadi alangkah baikknya jika anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang telah melewati banyak proses.

2. Cari makanan yang antioksidan-nya tinggi
Antioksidan adalah pemakan racun tubuh yang bisa merusak kimia tubuh dan menyebabkan keletihan dan sakit. Terdapat ribuan sumber antioksidan alami yang terdapat dalam buah dan sayuran. Lebih jauh lagi, terlalu banyak nutrisi tertentu bisa juga beresiko -- resiko ini timbul ketika nutrisi yang berasal dari makanan tertentu tidak diimbangi dengan makanan pendukung lainnya. Carilah bahan makanan yang berwarna seperti berry, melon, dan sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung, brokoli, dan bayam.

3. Fokus pada omega-3
Studi memperlihatkan bahwa makanan yang mengadung lemak omega-3 bisa memperbaiki suasana hati, memori dan pikiran, yang mana berkaitan dengan energi dan konsentrasi. Cobalah mendapatkan sedikitnya satu sumber makanan yang mengandung lemak omega-3 setiap hari, seperti ikan, biji-bijian, minyak biji-bijian, minyak rami, sayuran hijau atau walnut.

4. Singkirkan program diet anda
Jika diet anda berarti "perampasan," maka anda melakukan perbuatan yang merugikan tubuh anda sendiri. Menghemat kalori sudah pasti mengurangi metabolisme tubuh yang mana seharusnya bisa terus mempertahankan energi selama mungkin. Itulah sebabnya mengapa para pelaku diet merasa lesu. Diet itu buruk karena metabolisme melamban, kalori yang dibakar tubuh anda juga berkurang, sehingga penurunan berat badan menjadi sulit dicapai.

Jadi, tinggikan tingkat energi anda dan putar terus metabolisme anda, pastikan anda memenuhi kebutuhan kalori harian anda. Penurunan berat badan yang lambat -- diperoleh dengan kalori dan aktivitas fisik yang cukup -- adalah cara paling efektif untuk menjaga berat badan yang sehat. (Tanyakan kepada ahli gizi profesional mengenai berapa banyak kalori yang anda butuhkan setiap harinya.)


5. Jadikan sarapan sebagai prioritas
Ya, memang mudah untuk mengabaikan sarapan, dan kita bahkan merasa berbuat benar jika bisa melakukannya karena terlihat sebagai cara yang baik untuk menghemat kalori. Tetapi dalam jangka panjang efeknya justru merugikan. Studi memperlihatkan bahwa sarapan pagi itu tidak hanya akan membuat metabolisme anda bekerja tetapi juga membuat anda terjaga dan puas setelah makan siang. Bonus: Orang yang sarapan sehat bisa membuat sebuah pola makan yang sehat.

Tukar makanan olahan seperti donat, kue kering, bagel putih, sereal, dan wafel dengan buah segar, sereal yang ditambahkan kacang atau biji-bijian, roti selai kacang, atau makanan berkuah.

6. Katakan 'ya' pada makanan ringan
Dapatkan energi dari makanan untuk mempertahankan tingkat gula darah dan meningkatkan energi anda. Membiarkan diri anda menjadi terlalu lapar bisa menyebabkan gula darah anda jatuh, sehingga anda akan merasa melempem dan memimpikan untuk makan makanan siap saji. Tetapi tentu saja penting bagi anda untuk memilih makanan ringan secara bijak. Makanan ringan yang baik itu tidak datang dari mesin makanan atau dari bungkusan berisi 100 kalori; faktanya adalah, makanan jenis ini tidak memberikan peningkatan energi yang anda inginkan, dan anda bahkan akan merasa lebih lelah dibandingkan sebelumnya.

Makanan yang sesungguhnya adalah sumber energi terbaik yang nyata. Kombinasi antara serat, protein, dan lemak dapat memperlambat pelepasan gula dalam darah, sehingga mencegah terjadinya penurunan energi dan kelaparan.

Beberapa makanan ringan yang baik itu contohnya adalah campuran antara kacang dengan buah-buahan kering; satu gelas yogurt yang ditaburi 2 sendok makan ganola alami; 3 cangkir popcorn dicampur 1 sendok teh minyak zaitun dan sepercik garam; 5 buah biskuit gandum dengan 5 wortel kecil; setengah cangkir berry dan 1 ons walnut; 1 ons keripik gandum dengan salsa tomat, atau seiris potongan apel dengan 2 sendok makan mentega almond.

7. Cukup minum
Tetap menjaga hidrasi (kandungan air di dalam tubuh) adalah cara yang sangat mudah dan efektif untuk mempertahankan energi anda supaya tetap tinggi. Tubuh memerlukan banyak air agar tetap berfungsi optimal. Anda bisa mengabaikan kandungan vitamin dan energi di dalam minuman -- kecuali anda adalah seorang atlit -- karena hanya membuang-buang kalori dan uang anda. Jadi buat air anda tetap segar dan siap tersedia kapanpun, dan minumlah sedikitnya satu gelas setiap dua jam. Bawa sebotol air minum isi ulang kemanapun anda pergi karena itulah yang bisa membuat anda bisa tetap bergerak.

8. Kurangi minum alkohol
Meskipun alkohol bisa menurunkan energi tetapi ironisnya, alkohol bisa menjadi sebuah perangsang setelah beberapa jam anda meminumnya, yang mana bisa mengganggu siklus tidur dan menyebabkan keletihan di keesokan harinya. Jika anda minum supaya bisa tidur atau sebagai kesenangan di akhir pekan, maka anda bisa mengurangi konsumsi untuk memperbaiki energi anda.
Jika sesekali waktu anda ingin menyenangkan diri, lebih baik anda memilih anggur merah yang mengandung antioksidan. Catatan: Untuk mereka yang mengalami kegelisahan, tekanan darah tinggi dan ketergantungan maka anda seharusnya menghindari total untuk mengkonsumsi alkohol. Tanyakan dokter anda.


9. Gunakan kafein secara bijak atau tidak sama sekali
Setelah meminum secangkir kopi, maka anda merasa seperti mendapatkan dongkrakan energi. Tetapi itu bukanlah energi yang sebenarnya -- itu adalah efek kimia yang semu. Jadi meskipun anda merasa kuat dalam jangka pendek, tetapi semua akan berbalik menyerang anda setelah efeknya menghilang, karena pada saat itu tubuh menyadari bahwa tidak ada sumber energi yang sesungguhnya dan hasilnya adalah kelelahan dan lapar, yang biasanya diikuti dengan makan berlebihan.

Jadi, sesekali waktu kafein bisa digunakan sebagai perangsang, seperti untuk mengemudi jarak jauh atau supaya tetap terjaga selama rapat, tetapi penggunaan yang berlebihan dan terus menerus bisa menyebabkan masalah.

Sebagai alternatif, cobalah teh hijau, yang mana menyediakan antioksidan dan asam amino theanine yang bisa membuat anda tenang dan fokus.

10. Pilih makanan pembangkit energi
Di bawah ini terdapat 9 makanan penghasil energi utama, yang kebanyakan ditujukan untuk menu makanan mingguan anda:

* Almond (atau kacang lain) 
* Alpukat
* Seledri air (bayam, arrugula, kale, collards, dll.)
* Padi-padian
* Biji-bijian (gilas dahulu sebelum ditambahkan ke makanan)
* Kacang polong
* Berry
* Sayuran laut (nori, dulse, hijiki, dll.)
* Edamame (kacang kedelai muda)


...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 03.43
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar