;

Rabu, 06 April 2011

Tips - TIPS MENGHADAPI UJIAN SARJANA (SIDANG)

Rabu, 06 April 2011




berikut ini beberapa tips-tips menghadapi ujian sidang :

1. mental "siap tempur" hendaknya dibina dan dimantapkan. bagi calon teruji, disamping membina kesehatan jasmani hingga tingkat sehat penuh, juga kesiapan mental sangat diperlukan. hilangkan rasa cemas, takut gagal, grogi, bingung, enggan, dan malas dan perasaan sejenisnya karena perasaan seperti itu akan menjadi penghambat dalam menempuh ujian. sebaliknya rasa mandiri, rasa aku lebih tahu, kejernihan berpikir, keberanian berkomunikasi, kepribadian yang mapan, serta penampilan yang meyakinkan perlu untuk dibina dan dikembangkan serta didemonstarasikan di depan peserta sidang ujian.

2. menguasai karangan ilmiah berarti menguasai scara menyeluruh dan bagian demi bagian bahkan tiap alinea dan semua istilah yang ditampilkan dalam karangan, dilandasi oleh penguasaan landasan teoretisnya masing-masing beserta contoh dan data yang mendukungnya.

3. perlu juga untuk diingat ada beberapa aspek yang perlu diingat dalam ujian sidang yakni :
  • (a). penguasaan isi karangan (skripsi) anda , 
  • (b). logika berpikir yang anda bahasakan dalam skripsi anda , 
  • (c).bahasa yang anda gunakan haruslah tepat dan benar , 
  • (d). kemampuan anda berkomunikasi dalam menjawab dan memberikan penjelasan. 

Sedangkan penilaian isi skripsi anda biasanya meliputi Metodologi penelitian, perumusan masalah yang jelas, rinci serta spesifikasi, hasil penelitian dan kesimpulan, landasan teoritis permasalahan, pentingnya penelitian dan pemecahan terhadap masalah tersebut serta saran-saran anda.

4. Selalu pupuk rasa riang dan gembira dibanding terus bersikap kaku dan serius.

5. Bersikap sopan dan tertib di hadapan tim penguji akan menambah rasa hormat terhadap anda dan mungkin awal kemenangan anda dalam ujian sidang.

6. Perhatikan dan tanggapi pertanyaan penguji secara cermat, hati-hati dan jangan sampai keliru.

7. Jangan terpengaruh jika ada isu dosen "killer", dan jangan gentar duluan..Cukup persiapkan secara maksimal dan persiapkan menghadapi semua tipe dosen yang menjadi penguji anda.

8. Berpakaian lengkap, rapi dan menarik juga akan menimbulkan tingkat kepercayaan yang tinggi bagi anda. Kendatipun aspek ini mungkin tidak masuk dalam kriteria penilaian dalam penentu kelulusan anda.

9. dan yang terakhir yang tidak kalah pentingnya, jaga kesehatan dengan cara istirahat yang cukup sebelum memasuki sidang ujian. Tenaga yang cukup dan optimal akan membahwa anda mampu berpikir lebih jernih, tenang dalam mempresentasikan skripsi anda, menyajikan data-data serta menjawab dan memberikan penjelasan jika menghadapi segala macam pertanyaan dosen penguji sidang anda.

dan akhirnya semoga lulus dengan nilai meyakinkan dalam ujian sidang anda.....!!!!
Sumber:






...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 22.02
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar