;

Rabu, 04 Mei 2011

Ada Baju Fir’aun Di Ashfour

Rabu, 04 Mei 2011

Hari itu kami berlima dengan mengendarai Avanza (ditambah seorang supir yang juga teman kami) berkeliling mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota Kairo. Entah berapa puluh tempat yang dapat kami singgahi, karena di kota ini memang sangat kaya dengan peninggalan-peninggalan bersejarah.


                 kapal layar                                                                          
Perjalanan dimulai dengan menjemput dua saudara kami yang datang ke Mesir selepas melaksanakan ibadah umroh. Maksudnya, dua saudara kami memilih travel yang menyediakan dua paket perjalanan, yaitu Umroh sekaligus melancong ke Mesir. Mereka berdua menginap di hotel Movenpick, dekat dengan kawasan Ahram (Pyramid).

Singkat cerita, setelah kami capek mengunjungi puluhan tempat bersejarah di sekitar kota Kairo (Insya Alloh akan saya tulis di lain kesempatan) perjalanan di teruskan ke tempat penjualan souvenir khas Mesir. Kalian tau apa nama tempat dan produk khas Mesir yang kekondangannya sudah melanglang ke seluruh penjuru dunia? Ya… Ashfour nama produk dan tempat penjualan cindera mata khas Mesir itu.


Ashfour merupakan Kristal alami yang diproduksi oleh Mesir semenjak tahun 1961 dengan berbagai bentuk dan ukuran. Anda dapat membelinya di swalayan yang husus menyediakan berbagai produk Ashfour. Tepatnya di daerah Al Marg. Sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan dengan mobil dari Kairo.

Didalam swalayan yang menjual produk-produk ashfour kami melihat gambar proses pembuatan dan alat-alat yang digunakan untuk membuatnya. Kami juga dapat melihat ribuan sample produk Ashfour dari berbagai bentuk dan ukuran. Yang jelas cantik, antik dan sangat menarik.

Semua sample diletakan dalam lemari kaca dengan tujuan agar tidak ada tangan jail yang menjamahnya, juga dengan tujuan agar nampak lebih indah karena diberi penerangan yang sesuai dengan produk yang dipajang. Anda akan menemukan berbagai macam produk ashfour dari bentuk yang sangat sederhana sampai produk yang betul-betul sangat rumit dalam pengerjaannya. Kalau anda mau beli, anda cukup menuliskan kode produk dalam kertas yang sudah diberikan kepada setiap pengunjung dengan cara mencantumkan nomor deri produk. Jangan kuatir dengan penipuan…. Karena dalam setiap produk pasti mencantumkan harga, dan pastinya barang yang akan sampai ke tangan anda akan sesuai dengan yang dimaksud.

Untuk harga disesuaikan dengan produk, dimulai dengan harga 20 pound sampai yang mencapai puluhan ribu pound.


Diantara produk-produk yang dapat anda temukan meliputi berbagai macam bentuk perhiasan seperti anting, cincin, kalung, bros, jam tangan dll. Berbagai miniatur tempat bersejarah dan tempat beribadah, seperti Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Ada juga mahkota, lampu rumah dengan berbagai jenis dan ukuran, produk dengan desain kendaraan seperti sepeda, mobil, kapal terbang, kereta api, dan kapal laut, serta tak lupa berbagai pernak-pernik khas mesir dari masa Fir’aun. Ada baju raja dan permaisuri, mahkota, aksesoris para bangsawan dan lain sebagainya. Yang tentunya sangat menarik dan menakjubkan.


               baju Fir'aun



                    baju kebesaran


Setelah kami capek berkeliling memilah dan memilih produk yang sesuai dengan selera dan kantong kami, kami ahirnya memutuskan duduk sebentar didalam swalayan. Swalayan yang menjual produk ashfour memang sangat memperhatikan kepuasan dan kenyamanan pembeli. Tempatnya sangat rapi dan bersih. Tidak ada penjaga yang berlalu lalang sehingga kita bebas menetukan produk yang kita pilih. Kalau mau Tanya produk apapun penjaga stand dengan sopan dan cegatan menunjukannya. Pokonya anda dijamin betah berlama-lama disitu.

Tak kerasa dua setengah jam kami habiskan waktu disitu hanya untuk melihat-lihat kecantikan produk Ashfour. Sekarang waktunya membayar ke kasir.

Setelah membayar kami pun cabut.

Oh ya… bagi yang tidak ingin capek dan berepot-repot ria membawa barangnya ke rumah, takut kenapa-napa dijalan, pihak swalayan menyediakan jasa pengiriman barang lho…

Perlu dicatat, ashfour ini tempat langganan para pejabat dan diplomat dari berbagai Negara yang ingin memperoleh oleh-oleh khas Mesir, tak terkecuali para pejabat dan diplomat dari Negara kita. Kalau ada kunjungan ke Mesir sudah dapat dipastikan mereka akan memborongnya. Bahkan katanya dari pejabat kita ada yang memborong sampai dua truk. Hebat kan….



              mengamati perhiasan.
diatasnya lampu-lampu bergelantungan

Selain dipasarkan didalam negri, ashfour juga telah merambah ke berbagai penjuru dunia. Diantaranya adalah Qatar, Saudy, Kuwait, Bahrain, Yordania, Syiria, Tunisia, Maroko, Libya, Libanon, Palestina (lampu utama dan aksesoris lain di Masjidil Aqsho merupakan produk ashfour), Brazil, Selandia baru, China, Kolombia, Jepang, Jerman, Singapura, Thailand dll.

Perlu diingat juga, bagi peminat produk ashfour yang tidak ingin ditipu, maka harus membelinya di swalayan tadi. Karena ada para penjaja ashfour juga diberbagai tempat wisata seperti di Khan El Khalily. Mereka biasanya menjual ashfour dengan harga yang lebih murah akan tetapi biasanya dicampur dengan ashfour palsu. Makanya berhati-hati dan teliti lah sebelum membeli.



Sumber: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2010/10/02/ashfour-pusat-cendera-mata-khas-mesir/






...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 18.47
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar