;

Selasa, 10 Mei 2011

Endeavour Akan Diluncurkan pada 16 Mei

Selasa, 10 Mei 2011


NASA akan mencoba meluncurkan pesawat luar angkasa Endeavour pada 16 Mei 2011. Ini merupakan upaya kali kedua setelah rencana peluncuran pada 30 April 2011 gagal karena masalah sistem elektronik.


"Kami telah melakukan cek dari hulu ke hilir, menelaah seluruh sistem. Kami sangat percaya diri bahwa sudah tidak ada masalah, baik pada pesawat maupun elektroniknya," kata Mike Moses, pimpinan tim manajemen misi ini. Rencananya, Endeavour akan diluncurkan pada pukul 08.56 pagi waktu setempat.

Saat tiba di International Space Station (ISS), Endeavour akan bertemu pesawat Rusia, Soyuz, yang direncanakan kembali ke Bumi pada tanggal 23 Mei 2011. Misi Endeavour kali ini melibatkan 6 astronot dan akan dipimpin oleh Mark Kelly.

Muatan senilai 2 miliar dollar AS yang dibawa oleh pesawat ini berguna untuk meneliti alam semesta, terutama tentang materi gelap dan antimateri. Setelah misi ini, Endeavour akan mengakhiri kariernya dan masuk museum.

Pesawat luar angkasa Discovery sudah lebih dulu pensiun setelah menuntaskan misi terakhirnya pada Maret lalu. Tak lama lagi, pesawat Atlantis juga akan pensiun. Peluncuran terakhir Atlantis sebenarnya dijadwalkan pada 28 Juni. Namun, hal itu diundur menjadi setelah tanggal 4 Juli karena masalah pada Endeavour.

Jika peluncuran nanti gagal lagi, maka Endeavour baru bisa diluncurkan pada minggu ketiga Juni. Hal itu berkaitan dengan akan adanya kedatangan kru dari ISS dan sudut matahari yang kurang mendukung. Presiden Barack Obama rencananya akan menghadiri peluncuran terakhir itu, demikian juga dengan ratusan ribu orang lainnya.

Diperkirakan jumlah orang yang melihat peristiwa ini lebih sedikit dari yang hadir saat peluncuran terakhir Discovery. Walau demikian, acara ini diperkirakan masih akan tetap padat penonton.



...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 23.37
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar