;

Selasa, 21 Juni 2011

5 Cara Praktis Agar Tidak Stres

Selasa, 21 Juni 2011

Saat menjalani profesi sebagai seorang entrepreneur, seseorang tidak bisa menghindari dari datangnya stres. Stres ialah sebuah skenario yang umum ditemui dalam dinamika kehidupan seorang entrepreneur. Yang bisa kita lakukan hanyalah menyiasatinya dengan trik dan teknik tertentu.

Berikut merupakan beberapa teknik penting dalam penanganan stres yang bisa membantu Anda mengalahkannya.



Makan bergizi dan teratur



Makanan bergizi seperti senjata bagi tubuh Anda dalam memerangi stres. Tubuh yang disuplai makanan bergizi akan memiliki tingkat kekebalan yang lebih tinggi terhadap stres daripada tubuh yang diberi makanan sampah yang merusak kesehatan.

Sisihkan waktu untuk diri Anda sendiri



Berikan waktu bagi diri Anda untuk berpikir dan mengenali apa saja hal yan membuat Anda stres. Cobalah untuk memecahkan masalah tersebut sebelum keadaan mulai bertambah buruk dan membuat Anda tidak bisa tertidur pulas di malam hari. Jika itu adalah suatu masalah pribadi, diskusikan dengan pasangan Anda. Anda berdua bisa menemukan solusi bersama. Namun jika masalah terjadi di lingkup pekerjaan, Anda harus mengkomunikasikannya dengan rekan atau atasan atau pembimbing. Jangan berpangku tangan, teruslah berusaha mencari solusi.


Lakukan yoga dan meditasi



Baik yoga dan meditasi terbukti amat efektif dalam penanganan stres. Yoga mengendurkan syaraf. Sementara meditasi menenangkan pikiran yang cemas, tubuh yang lelah dan jiwa yang letih. Penelitian-penelitian tentang yoga dan meditasi menunjukkan bahwa meditasi dan yoga menjadi pilihan banyak orang karena terbukti paling efektif untuk mengendalikan stres dalam kehidupan. Orang yang mempraktikkan yoga dan meditasi secara berkala tidak menjadi stres semudah orang yang tidak melakukannya dan cenderung bisa lebih gembira sepanjang hari. Yoga dan meditasi juga bisa dilakukan kapan saja, tidak hanya di pagi atau malam hari. Saat merasakan stres, kita bisa seketika itu juga melakukan yoga dan meditasi. Namun, menjadikan yoga dan meditasi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari diakui membutuhkan ketelatenan dan dedikasi yang terus menerus.



Miliki sikap positif



Milikilah sikap positif dalam menjalani kehidupan agar stres menjauhi Anda. Saat kita berpikir negatif, kita cenderung untuk menemukan masalah yang ada di sekitar kita lebih mudah. Akan tetapi saat kita memiliki sikap yang positif, semua hal terasa tenang dan damai. Inilah cara terbaik untuk menjaga kedamaian pikiran kita.



Tentukan prioritas



Evaluasi kembali keahlian dan ketrampilan yang Anda miliki dan kemudian tentukan tujuan yang ingin dicapai. Definisikan prioritas Anda kembali dan pastikan prioritas tersebut masuk akal. Tetapkanlah tujuan yang lebih realistis dan lebih fleksibel sehingga kekecewaan jika tidak tercapai akan lebih rendah. (image credit: freedigitalphotos.net)




...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 00.25
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar