;

Rabu, 15 Juni 2011

8 Stasiun Bawah Tanah Terindah Di Dunia

Rabu, 15 Juni 2011

Kesan kotor dan jorok sering melekat pada stasiun kereta. Namun tidak demikian dengan stasiun bawah tanah di beberapa belahan dunia ini.
Jangan pernah berfikir hanya ruang dalam rumah Anda yang bisa disulap menjadi istana yang nyaman untuk bersantai, stasiun kereta pun bisa menjadi tempat nyaman sekaligus artisitik.

Di beberapa negara, stasiun kereta bawah tanah tak hanya sekedar terminal tempat pemberhentian dan pemberangkatan penumpang, tapi juga menjadi bagian dari sarana perjalanan yang menyenangkan.
Dekorasinya bahkan sangat unik, seperti berada di istana bawah tanah saat menginjakkan kaki di sana. Anda pun akan betah berlama-lama di sana. Berikut 8 stasiun bawah tanah terindah di dunia seperti dikutip dari laman All Women Talk :
1. Formosa Boulevard 
Ini adalah stasiun kota yang terletak di Kecamatan Sinsing, Kaohsiung Taiwan. Ada dua bagian berbeda dari stasiun ini yang cukup menakjubkan. Pertama, struktur atap bagian luar yang menyerupai bentuk tangan berdoa.
Kedua, Dome of  Light, atau pintu masuk stasiun. Ini merupakan proyek bangunan kaca terbesar di dunia dan diciptakan oleh seniman Italia Quagliata Narcissus. Karya seni dibuat dari 4500 panel kaca dengan ukuran diameter 30 meter .
2. Stockholm Tunnelbana 
Stasiun Tunnelbana










Kombinasi sempurna dari teknologi modern dan alami, Tunnelbana Sctockhold adalah salah satu stasiun kereta bawah tanah yang paling indah di dunia saat ini. Ketika Anda masuk ke dalam fasilitas tersebut, Anda akan merasa seperti berada di dalam gua raksasa.
Stasiun kereta bawah tanah ini terlihat indah, unik dan menakjubkan dengan gua-gua alam disandingkan dengan lift dan kereta api. Tidak hanya disain batu bawah tanah yang membuatnya terlihat alami, berbagai pola unik yang dilukis pada dinding batu juga membuatnya terlihat indah.
3. Mayakovskaya 
Stasiun Mayakovskaya









Merupakan bagian dari stasiun metro Moskow. Saat menginjakkan kaki di sana, seperti mengunjungi istana bawah tanah.
Tak hanya itu, bangunan stasiun bawah tanah ini juga sebagai bukti adanya peninggalan zaman sebelum Perang Dunia II yang dibangun oleh Arsitektur Stalinis dan interior artdeco yang menakjubkan. Fitur yang mnonjol dari bangunan ini adalah dinding-dinding marmer, kubah yang mencengangkan, dan mosaik fantastis. Stasiun ini dibuka pada tahun 1938 tetapi masih tetap beroperasi hingga saat ini.
4. Munich U-Bahn 
Stasiun Munich U-Bahn










Jika dua struktur kereta bawah tanah sebelumnya memberikan Anda sekilas dari dunia lama, stasiun Munich U-Bahn akan memberikan pengalaman yang berbeda. Jika Anda adalah penggemar seni modern, maka stasiun-stasiun ini mungkin menjadi stasiun yang Anda kagumi.
Menampilkan bangunan minimalis tapi dihiasi dengan cat , lampu dan panel dinding menakjubkan. Setiap stasiun memiliki keunikan tersendiri bahkan bisa diciptakan sebagai bagian dari dekorasi bangunan bernuansa artistik.
5. Arts et Métiers 
Stasiun Paris











Stasiun ini merupakan bagian dari Metro Paris. Melangkah ke dalam lorong stasiun yang indah ini seolah mengantar Anda ke dunia Jules Verne dengan dunia steampunkDesainernya komikus Belgia François Schuiten. Tidak hanya takjub dengan desainnya, namun stasiun ini juga menghubungkan Anda dengan museum dan pusat kerajinan saat melangkahkan kaki keluar.
6. Stasiun Olaias
Stasiun Olaias











Stasiun ini merupakan bagian dari sistem kereta bawah tanah di Lisbon, Portugal. Melihat struktur bangunannya, Anda akan langsung tahu bahwa Anda berada di tengah-tengah karya seni hidup. Perancangnya adalah kepala stasiun ini, artis Tomas Taveira.
Pelukis dan pemahat berbakat juga turut membantunya menciptakan sebuah stasiun kereta bawah tanah artistik dan benar-benar unik. Fitur dari stasiunnya yang indah membuat banyak pengunjung merasa jatuh cinta, maka tak heran banyak dari mereka yang mengabadikan dekorasi bangunan indahnya sebagai oleh-oleh perjalanan. Warna warni plafon yang kontras, serta pencahayaan yang pas, menjadikan ciri khas stasiun ini.
7. Stasiun Museum
Stasiun Museum










Dengan nama sesederhana Museum, Anda akan betah berlama-lama berada di bawah stasiun ini. Museum merupakan bagian dari garis Yonge-University-Spadina sistem kereta bawah tanah Toronto. Dibuka pada tahun 1963 tetapi setelah direnovasi, menjadi salah satu stasiun kereta bawah tanah paling indah.
Tiang-tiang penyangga stasiun ini menyerupai tiang totem, dewa Osiris Mesir, kolom Doric, kolom dari Kota Terlarang Cina, dan bentuk-bentuk rumah unik dari Perserikatan Bangsa Pertama.

8. Stasiun Metro Dubai
Stasiun Dubai










Dubai merupakan sebuah kota yang menawarkan keajaiban arsitektur yang mengesankan. Ini bukan kejutan, karena beberapa stasiun kereta bawah tanah di kota itu adalah bagian dari karya seni.
Seperti kebanyakan bangunan berstruktur indah di Dubai, Metro Dubai dibangun di bawah arahan pemimpin mereka yang disapa Syekh. Dua puluh tujuh stasiun terbuka hari ini, tapi masih ada delapan belas lebih stasiun dalam proses pembangunan.






...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 04.24
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar