;

Selasa, 21 Juni 2011

Pulau Pasang Surut Terkenal di Seluruh Dunia

Selasa, 21 Juni 2011

Pulau pasang surut sebenarnya merupakan pulau yang bersatu dengan pulau utama namun apabila terjadi pasang maka kelihatannya pulau tersebut terpisah, kemudian bila air surut pulau tersebut tergabung kembali dan kitapun dapat mencapainya hanya dengan berjalan kaki. Terkadang pulau pasang surut terhubung dengan jalan yang dibuat oleh manusia untuk memudahkan akses kepulau tersebut namun akan tertutupi kembali dengan air jika pasang sedang berlangsung.

1.Enoshima

Enoshima

Enoshima

Enoshima adalah pulau pasang surut yang kecil, hanya memiliki luas sekitar 4 kilometer dan terletak di dekat muara sungai Katase. Kota Fujisawa yang terletak dipulau ini terhubung dengan pulau utama dengan jembatan yang memiliki panjang enam ratus meter, namun apabila air laut sedang surut para pengunjung dapat perjalan kaki dari pulau Enoshima menuju pulau utama. Berhubung letaknya yang tidak begitu jauh dari Tokyo, menjadikan kawasan ini sebagai area resort terkenal di Jepang. Disini kita dapat mengunjungi kebun yang memiliki kekayaan flora, hasil pengembangan seorang pedagang Inggris ditahun 1880.


2.Kastil Tioram

Kastil Tioram

Kastil Tioram

Kastil Tioram merupakan sebuah benteng yang ditinggalkan dan terletak di suatu pulau pasang surut Eilean Tioram di Loch Moidart, Skotlandia. Kastil ini menjadikan pulau pasang surut Eilean Tioram menjadi salah satu tujuan kunjungan para turis, selain memang apabila air surut terjadi maka aksesnya semakin mudah, penampilan kuno struktur luar benteng yang batuannya berasal dari abad ke-13 ini patut untuk dikunjungi. Dicatat struktur interiornya dan bagian pendukungnya didesain antara abad ke-15 sampai ke-17. Namun yang disayangkan, tidak ada akses masuk kedalam benteng karena mengingat bahaya runtuhnya bangunan tua tersebut.

3.Haji Ali Dargah

Haji Ali Dargah

Haji Ali Dargah

Haji Ali Dargah adalah sebuah mesjid yang terletak di sebuah pulau yang berada dekat bibir pantai di Mumbai. Sebuah struktur bangunan nan indah dimana perpaduan India-Islam terlihat, dibagian kawasan mesjid tersebut terdapat dargah, makam dari Sayed Peer Haji Ali Shah Bukhari. Haji Ali Dargah telah dibangun pada tahun 1431 oleh seorang pedagang muslim, yang menyerahkan seluruh posisi dan kekayaannya sebelum melakukan perjalanan suci ke Mekkah. Pulau kecil dimana mesjid ini berdiri dapat dicapai melalui jalan kecil yang hanya terlihat apabila air surut. Perjalanan menuju ke mesjid ini yang bagaikan terbuka oleh air membuat sebuah pengalaman religius yang tak ternilai harganya.

4.Gunung St Michael

Gunung St Michael

Gunung St Michael

Gunung St Michael sebenarnya adalah sebuah pulau pasang surut yang terletak 345 meter dari garis Mount’s Bay Cornwall, disebelah barat daya Inggris. Pulau ini terhubung dengan pulau utama dengan suatu jalan setapak yang dibuat manusia dan dapat terlihat apabila air sedang surut. Jalan tersebut tersusun dari batuan granit. Sebuah gereja terletak dipulau ini yang disebutkan sudah berdiri sejak abad ke-15 dan menjadikannya tanda bagi kapal-kapal yang berlalu lalang dijaman dahulu. Beberapa penelitian membuktikan bahwa naiknya permukaan laut dan erosi yang terjadi dipantai Cornwall menyebabkan kawasan ini menjadi rentan akan kerusakan.

5.Jindo dan Modo

Jindo dan Modo

Jindo dan Modo

Jindo dan Modo adalah dua pulau yang terletak di barat daya Korea Utara. Dua kali selama setahun, sebuah jalan secara alami akan terbuka dan menghubungkan kedua pulau tersebut selama satu jam. Jalan ini panjangnya sekitar 3 kilometer dan empat puluh meter lebarnya.  Biasaya suatu festival dirayakan saat hal ini berlangsung untuk didedikasikan terhadap keajaiban alam ini tiap tahunnya. Pada saat tersebut, para pengunjung dari masing-masing pulau berjalan menuju ke tengah jalan yang terbuka akibat surutnya air laut untuk saling bertemu dan merayakan festival ini.

6.Eilean Donan

Eilean Donan

Eilean Donan

Eilean Donan adalah sebuah pulau pasang surut kecil di Loch Duich bagian barat daratan tinggi Skotlandia. Pulau ini terhubung dengan pulau utama  jika air sedang surut dan pengunjung bisa merasakan sensasi berjalan diatas pasir laut selama setengah mil dari kota Dornie. Selain karena pengalaman “menyebarang” laut dengan kaki, di pulau ini kita juga bisa melihat kastil peninggalan abad pertengahan yang indah. Kastil ini dibangun abad ke-13 sebagai perlindungan terhadap bangsa Viking. Dewasa ini, kastil merupakan monumen paling indah untuk mengabadikan momen spesial seperti untuk menikah maupun tempat syuting film. Kastil yang berada dipulau ini digunakan untuk syuting film Highlander dan The World Isn’t Enough.

7.Sveti Stefan

Sveti Stefan

Sveti Stefan

Sveti Stefan adalah tempat peristirahatan yang terletak dipantai bagian barat di Budva Riviera. Pada abad ke-15, pulau pasang surut ini merupakan sebuah pedesaan bagi para nelayan. Di tahun 1950an warga asli yang terakhir tinggal dipulau ini digusur dan Sveti Stefan berubah menjadi kota dengan hotel yang mewah dan eksklusif. Jalanan, dinding dan atap tetap dibiarkan sebagaimana aslinya namun interior bangunan diubah mengikuti kenyamanan yang dapat diberikan oleh hotel-hotel mahal.  Beberapa pengunjung pulau ini merupakan orang-orang terkenal, sebut saja Marilyn Monroe, Sophia Loren, Kirk Douglas dan Claudia Schiffer pernah berkunjung kemari.

8.Lindisfarne

Lindisfarne

Lindisfarne

Lindisfarne yang merupakan pulau pasang surut terletak di garis pantai timur laut Inggris, juga disebut dengan Holy Isle. Sebuah kastil kecil dibangun sekitar abad ke-16 yang menunjang pulau ini semakin terkenal dan menarik bagi para turis. Yang perlu diperhatikan oleh para pengunjung adalah tetap berjalan ditempat yang sudah disediakan, memperhatikan waktu pasang surut dan cuaca secara hati-hati serta jangan ragu untuk meminta nasihat para penduduk lokal saat melakukan perjalanan di pulau ini.

9.Ko Nang Yuan

Ko Nang Yuan

Ko Nang Yuan

Ko Nang Yuan adalah suatu pulau kecil yang terletak di timur laut garis pantai dari Ko Tao, Thailand. Pulau indah ini tercipta dengan tiga batuan besar yang terpisah membentuk suatu pulau yang dihubungkan dengan jalan berpasir yang putih. Saat air pasang dan jalan berpasir ini hilang, terlihat pulau tersebut berpisah dan membuat sepertinya terdapat tiga pulau yang berdiri sendiri. Hanya sepuluh meter dari garis pantai tersedia berbagai terumbu karang yang indah untuk dilihat sambil bersnorkling ria.

10.Mont Saint-Michel

Mont Saint-Michel

Mont Saint-Michel

Mont Saint Michel adalah sebuah pulau kecil yang terletak berdekatan dengan garis pantai Normandia wilayah utara Perancis.  Pulau ini dikenal dengan Biara Norman Benediktin yang spektakuler dan tetap terpelihara keasliannya diatas puncak pulau berbatu dan dikelilingi jalan yang berliku dan struktur perkotaan ala abad pertengahan.




...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 23.38
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar