;

Kamis, 10 Mei 2012

Gunung Salak Antara Mistik dan Keindahan

Kamis, 10 Mei 2012

Gunung Salak Diantara Pesona Keindahan Alam dan Aura MistisPuluhan tahun menjadi warga Bogor, saya sudah sangat biasa kabar mistis yang diceritakan ulang para orang tua tentang Gunung Salak dan sekitarnya.

Sebagai anak jaman sekarang, tentu saya tidak terlalu ambil pusing dengan cerita-cerita seperti ini. Namun sebenarnya cukup menarik juga mengingat ternyata orang-orang tua kita sangat menghargai sejarah yang mereka tahu. Menjadi tidak sopan ya jika kita pergi begitu saja ketika cerita itu kembali dikisahkan kepada kita. Orang tua sendiri mafhum kalau anak-anak jaman modern tidak tidak mau mempercayai hal ini. Menurut ibu saya, karena jarak yang memisahkan antara kita dan sejarah itu sangat lama. Hmm, bisa jadi benar juga.

Gunung Salak, Gunung Halimun, dan Gunung Gede merupakan segitiga pergunungan yang masih dipercayai memiliki kekuatan-kekuatan magis hingga kini. Menurut kisahnya, di tiga gunung inilah raja-raja tanah sunda berhimpun kekuatan. Gunung Salak, terutama, menjadi tempat suci para raja bersemedi.  Ceritanya tak akan bisa dilepaskan dari kedigjayaan Prabu Siliwangi. Tanah Sunda ini memang semakin eksotis dengan cerita mistisnya.

Cerita lainnya juga seputar kekayaan yang terkandung di balik Gunung Salak. Tak kurang , konon Pak Harto punya aset banyak di sekitar gunung ini.

Sampai sekarangpun masih dipercayai gunung-gunung tersebut dijaga para prajurit gaib dalam bentuk macan. Woowww… ga percaya kan ? Anda boleh tidak percaya, tapi yang masih percaya tetap banyak, buktinya Gunung Salak menjadi tempat pemujaan dan cari ilmu sakti. Bahkan, konon masih ada ritual perkawinan antar jin dan manusia di gunung ini.
Kejadian Sukhoi kali ini mengingatkan saya akan cerita-cerita tersebut. Terlepas dari perhitungan akal dan ilmu yang ngilmiah, Gunung Salak tetap suci bagi orang-orang tertentu.
Mengutip Wikipedia, nama Gunung Salak berasal dari bahasa sanksekerta “Salaka” yang berarti perak. Maka Gunung Salak bermakna “Gunung Perak.” Bukan dari kata “buah salak”, karena ternyata tidak ada salak di sana.

Misteri menyelimuti kecelakaan Gunung salak,Gunung Salak berdiri dengan anggun di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Banyak pecinta alam mengungkapkan kekaguman atas keindahan gunung ini dengan cara melakukan pendakian. Namun di balik kecantikan gunung setinggi 2.221 meter ini sederet kecelakaan pesawat berujung maut terjadi di sini.

Beberapa sumber mengaitkan ini sebagai hal mistis,karena Disini sering Terjadi kecelakaan yang merenggut korban jiwa ,bahkan Mulai tahun 2009 deretan kecelakaan terjadi di sekitar Gunung salak,apakah Gunung salak Mencari Tumbal...jelajahunik akan sedikit membahas kilas balik deretan kecelakaan Mulai dari tahun 2003 ,mistis tidaknya gunung ini tergantung anda yang menilainya.

 Selain itu terdapat juga makam Embah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah. Sedangkan di kaki Gunung Salak banyak terdapat tempat-tempat keramat, salah satunya adalah makam keramat dan ada juga pura dengan sebutan Kuil Prabu Siliwangi.

Gunung Salak memang tak bisa ditebak. Masih tebal berselimut kabut dengan  cuaca yang cepat sekali berubah. Bagi para pendaki yang biasa naik ke sana dan juga warga sekitar gunung, hal ini sudah biasa. Jurangnya juga banyak benbentuk V dengan kedalaman minimal sekitar 100 meter. Belum lagi tentang kawah ratu yang masih berbelerang aktif walau katanya gunung ini sudah mati atau bukan lagi gunung api. Yang paling masuk akal jika dikaitkan dengan Sukhoi jatuh, adalah kabut tebal yang menutupi pandangan.

Terlepas dari itu semua, Gunung Salak itu sangat indah, saudara-saudara. Sebagai orang yang pernah menjadi warga Bogor, saya cinta gunung ini. Selalu mengingatkan untuk pulang kampung. Gunung Salak menjadi view di belakang rumah orang tua saya. Tinggi menjulang dengan gagahnya, jikalau cuaca sedang cerah, birunya sangat menawan. Pemandangan serupa juga bisa Anda lihat kalau berkesempatan pergi ke daerah Sukasari atau The Jungle, misalnya, karena daerah ini tinggi dan terbebas dari penampakan bangunan-bangunan atau pohon-pohon besar.

Berada di daerah Sukabumi dan Bogor, gunung Salak sekarang mulai diberdayakan masyarakat sebagai pesona wisata alam yang kebetulan sekarang sedang booming dicari orang-orang kota. Di Gunung Salak bagian Bogor sendiri, selain terdapat beberapa Curug yang indah, yang cukup terenal tentu saja Curug Luhur dan Curug Nangka, juga sudah dilengkapi daerah tempat wisata lain. Semisal Gunung Salak Endah yang terletak di daerah Pamijahan Bogor yang tiap tahunnya ramai dikunjungi wisatawan. Atau mungkin anak-anak Anda pernah berkemah Wisata Perkemahan Gunung Bunder, ini ada di kaki gunung Salak di Bogor Barat loh. Beberapa pengusaha juga sudah tampak membuat villa dan menyewakannya kepada yang berminat. Anda mau pergi ke sana ?

Gunung Salak mempunyai pemandangan dan pesona alam yang masih asri, dengan beberapa jalur pendakian, salah satunya melalui Jalur Girijaya dan Jalur Kutajaya (Cimelati).
 
Keindahan alam di sekitar gunung ini selalu menggoda para pendaki maupun wisatawan, untuk selalu menikmati pesonanya yang tak pernah habis untuk dinikmati dan dirasakan. Disisi lain, Gunung ini juga menyimpan mistisnya yang mejadi tujuan para pejiarah dalam “ngalap” berkah, karena terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. 
Bagi wisatawan maupun penggiat traveling gunung dan alam bebas, Gunung salak merupakan salah satu tujuan mereka guna memenuhi kepuasan untuk bagaimana caranya menghargai dan mencintai alam.  

Tidak lengkap rasanya bagi para penggiat alam bebas, kalau belum merasakan sesasi alam gunung salak yang selalu menggoda untuk dinikmati dan dirasakan langsung dengan berinteraksi pada alam gunung ini (Fun)



...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 23.40
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar