;

Senin, 21 Mei 2012

Korea-Japan Festival

Senin, 21 Mei 2012


Tanggal 23-25 serta 31 Maret dan 1 April 2012 lalu, Emporium Pluit Mall mengadakan sebuah acara yang diberi nama Korea Japan Festival. Acara yang berlokasi di atrium utama mall tersebut menampilkan stand-stand dan acara yang berkaitan dengan kebudayaan tradisional maupupun populer Korea dan Jepang, dua negara yang sangat populer kebudayaannya diantara anak-anak muda saat ini. Kali ini, Kaoriporter berkesempatan meliput acara Korea-Japan Festival yang diadakan tanggal 1 April, yakni Cosplay Competition, Band Performance “La Chance” (yang membawakan lagu-lagu dari band asal Jepang, Versailles), Taiko dan Yosakoi Soran (tarian asal Jepang yang diiringi permainan taiko, semacam beduk Jepang).
Sebelumnya, tanggal 23 Maret, sudah ada penampilan dari Blodwen (band beraliran gothic rock) mengisi acara ini. Dilanjutkan dengan 24 Maret dengan performance taekwondo serta lomba fashion show ala Korea. Kemudian tanggal 25 Maret ada lomba modern dance ala Korea yang kemudian diikuti dengan Samulnori & Pungmulnori (pertunjukan musik tradisional Korea). Tanggal 31 Maret, ada workshop Chanoyu (upacara minum teh ala Jepang) dan juga lomba fashion Harajuku serta penampilan tokusatsu.
Acara Korea-Japan Festival tanggal 1 April ini dibuka sekitar pukul 11.00 WIB, yakni pendaftaran lomba cosplay. Pendaftaran ini bisa dilakukan dengan SMS sejak jauh hari sebelumnya, bisa juga mendaftar di tempat. Setiap orang wajib membayar 50 ribu rupiah dan nantinya dikembalikan saat pendaftaran ulang. 50 pendaftar pertama akan mendapatkan bingkisan dari The Face Shop, yang menjadi salah satu sponsor dalam acara ini.

Bingkisan dari The Face Shop
Penonton maupun cosplayer sudah memadati arena acara sejak pagi hari. Jam 1 siang, lomba cosplay dimulai, menghadirkan lebih dari 30 peserta yang membawakan beraneka ragam kostum, mulai dari animanga sampai original. Hal yang menarik adalah cosplayer muda yang hadir di acara ini lumayan banyak, bahkan ada yang baru berusia 4 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa cosplay Indonesia saat ini semakin diminati juga oleh anak-anak, yang membuat optimis bahwa dunia cosplay di Indonesia akan terus bertahan dengan munculnya generasi-generasi belia ini.
Salah satu cosplayer belia yang ada dalam acara ini
Sayangnya, cosplayer yang akan tampil tidak disediakan ruang ganti dan tempat penitipan barang, meski pada akhirnya panitia membuka sebuah ruangan untuk ruang ganti. Selain itu, musik latar yang akan digunakan untuk tampilnya para cosplayer juga terbatas. Semoga ke depannya panitia bisa lebih baik lagi.
Setelah lomba cosplay, acara dilanjutkan dengan penampilan “La Chance” yang membawakan 6 lagu. Lucky draw pun dilaksanakan, diteruskan dengan maskot Sushi Groove, sebagai salah satu sponsor, yang memberikan hiburan berupa tarian. Setelah pertunjukan Taiko dan Yosakoi Soran, tibalah saatnya pengumuman pemenang lomba cosplay. Inilah juaranya:
Juara 1 kompetisi cosplay
Juara 1: Rifki TheZahat Newbie
Juara 2: Stevan Albertto
Juara 3: Melissa Gunawanputri
Juara Favorit: Tachikawa Ayumi


...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 22.03
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar