;

Selasa, 15 Mei 2012

Seni merawat diri para putri Keraton

Selasa, 15 Mei 2012


]Foto: ilustrasi
Seni merawat diri para putri Keraton selalu menarik untuk diketahui setiap wanita. Meski terkadang tidak praktis, namun Anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat alami dari segala bahan yang terdapat di sekitar kita.


  Sebenarnya, perawatan kecantikan putri keraton terinspirasi dari putri-putri kerajaan sejak zaman dahulu kala. Cleopatra, Ratu Mesir yang terkenal akan kecantikannya, juga menggunakan ramuan-ramuan tradisional untuk merawat kecantikan wajah dan tubuhnya. 

Meski perawatan dilakukan untuk fisik saja, dari ritual-ritual yang mereka jalani juga bermaksud meningkatkan kecantikan dari dalam. Seperti melakukan massage, lulur, masker, aromaterapi dan minum jamu membuat lima indera yang disebut asmaraini, asmartaswara, asmarawara, asmarasutra dan asmararum menjadi sempurna dan mencapai keseimbangan kecantikan fisik dan jiwa. Kesempurnaan ini akan memancarkan energi dan aura positif yang membuat Putri Keraton selalu tampil berseri-seri karena pikiran yang positif dan jernih membuat tutur katanya pun halus dan sopan. 

Ritual Mandi
Setiap harinya, putri keraton melakukan beberapa tahapan untuk perawatan kulit. Dimulai dengan menggosok-gosok tubuh mereka dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari putih telur atau kelapa parut dan berfungsi menyerupai scrub. Tubuh diberikan pijatan ringan agar lebih rileks, melancarkan aliran darah dalam tubuh dan mengangkat sel kulit mati.


Setelah itu, proses rendaman. Pada proses inilah, digunakan beragam wewangian alami dari bunga seperti bunga sedap malam, daun jeruk purut atau mawar. Selain membersihkan, ternyata proses rendaman ini juga bermaksud untuk memberikan gizi pada kulit agar tetap lembap dan halus. Sambil berendam, disediakan pula aromaterapi dengan harum yang membuat pikiran tenang. Tentu saja disertai gending Jawa yang membawa suasana rileks semakin terasa.


Perawatan Rambut
Rambut hitam terurai ala putri keraton pun bisa Anda miliki. Untuk perawatan rambut, para putri Keraton melakukan creambath tradisional dengan menggunakan ramuan yang disebut cemceman.
Ingin membuat sendiri ramuan cemceman di rumah? Mudah saja, rebus minyak kelapa, daun mangkokan, daun waru, minyak kemiri, pandan yang diiris, sari jeruk purut, bunga kenanga dan bunga melati. Masak hingga air berubah warna lalu saring dan diamkan air hasil rebusan selama kurang lebih 3 jam. Poles ke rambut dan kulit kepala dan lakukan pijatan ringan. Cuci bersih rambut dengan sampo.


Ratus
Pada setiap selesai datang bulan, Anda dapat melakukan ratus atau perawatan yang dapat membuat Anda kembali merasa bersih dan segar.
Mudah saja melakukannya sendiri di rumah. Anda tinggal menyiapkan anglo kecil (tembikar tanah liat yang menyerupai guci tak bertutup), lalu bakar di dalamnya beberapa lembar daun pandan dan bunga dengan aroma sesuai selera seperti cendana, cempaka atau kenanga. Duduklah di atas kursi yang tengahnya diberi lubang lalu tutup tubuh dengan kain. Lakukan berkala jika Anda ingin menjaga bagian intim menjadi lebih wangi, segar dan sehat. 


Perawatan Wajah Mengecilkan Pori-pori
Caranya mudah, seduh daun seledri yang sudah dicuci bersih dan diamkan selama 15 menit. Setelah dingin, saring airnya dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 8 jam (semalaman). Basuh wajah Anda setelah dibersihkan dengan air rendaman daun seledri tersebut.



...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 21.00
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar