;

Selasa, 15 Mei 2012

Wow, Jakarta-Bandung Hanya 45 Menit dengan Kereta Super Cepat

Selasa, 15 Mei 2012




Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung siap dibangun untuk mengurangi lalu lintas darat yang makin padat. Kereta ini bahkan menjanjikan waktu tempo 45 menit-50 menit mulai dari Dukuh Atas (Jakarta) hingga Gedebage (Bandung).

Hal itu diungkapkan Sekda Provinsi Jabar Lex Laksamana di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (15/5/2012). Belum lama ini, Lex menghadiri presentasi Pre F/S alias studi kelayakan untuk proyek tersebut sebagai lanjutan dari pre studi kelayakan sebelumnya. Kereta api super cepat itu rencananya akan dibiayai dana hibah dari METI (Ministry of Economic Trade and Industry) Japan dan dilaksanakan Tim Konsultan Yachiyo Engineering Co., Ltd dan Japan International Consultant.

"Proyek kereta api super cepat ini akan menelan biaya sekitar Rp 56,1 triliun dengan skema pembiayaan kerjasama antara pemerintah dan swasta," kata Lex di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (15/5/2012).

Dalam perencanaan awal ini, kereta api supercepat Jakarta-Bandung akan melaju dengan kecepatan sekitar 300 kilometer/jam pada kondisi datar. Sementara pada kondisi perbukitan akan menempuh jarak 144 kilometer/jam. Untuk tarif, rencananya penumpang akan membayar Rp 150 ribu.

"Untuk stasiun kereta api supercepat di Kota Bandung akan dibangun di Gedebage. Tim studi juga akan menghitung biaya yang diperlukan apabila kereta melewai Bandara Internasional Kertajati," jelas Lex. Sementara di Jakarta akan dibangun di Dukuh Atas.

Pemprov, sambung dia, mendukung sepenuhnya realisasi kereta api super cepat tersebut. Sebab hal itu akan berdampak positif.

"Hal ini akan berdampak pada pengurangan terhadap besarnya subsidi BBM pemerintah. Dengan begitu, kawasan metropolitan Bandung akan memiliki daya saing yang lebih kompetitif dilihat dari waktu tempuhnya," tandas Lex.


...TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...SEMOGA TIDAK BOSAN DENGAN ISI BLOG INI...

SEGARKAN MATA - 20.44
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 komentar:

Poskan Komentar